Kamis, 14 April 2016

SUPERVISI GURU PAUD QU





BUKU PENILAIAN KINERJA PENDIDIK

DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

PAUD QU

TAHUN PELAJARAN 2015/2016










Nama Sekolah        : Paud Qu
Status Sekolah       : Swasta
Kelurahan / Desa   : Tunggulpayung Blok III
Kecamatan              : Lelea
Kabupaten/Kota     : Indramayu
Provinsi                    : Jawa Barat








Sekretariat : Desa Tunggulpayung Blok III  Rt 13 Rw 03 Kecamatan Lelea
Kabupaten Indramayu  Kode Pos 45261 HP. 081322583630

JAWA BARAT






PENILAIAN KINERJA GURU / PENDIDIK PAUD


Nama guru                  : _______________________________________________________
Nama lembaga           : _______________________________________________________

PETUNJUK PENILAIAN
Berilah nilai pada kolom Penilaian dengan cara membubuhkan tanda √ pada salah satu jawaban yang telah disediakan sesuai dengan kinerja pegawai yang Saudara nilai dengan ketentuan sebagai berikut:
KRITERIA PENILAIAN
KETERANGAN
SB
Sangat Baik
B
Baik
CB
Cukup Baik
KB
Kurang Baik
SK
Sangat Kurang

LEMBAR PENILAIAN PENDIDIK / GURU PAUD
NO
PENAMPILAN GURU
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
1
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.      Menarik Perhatian siswa





b.      Memberikan motivasi awal





c.      Memberikan apersepsi (kaitan materi yang sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan)





d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan





e.      Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan





2
Sikap Guru dalam Proses Pembelajaran
a.   Kejelasan artikulasi suara





b.   Variasi Gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa






c.   Antusias dalam penampilan





d.   Mobilitas posisi mengajar







3
Penguasaan Bahan Belajar

a.   Bahan belajar disajikan per kelompok






b.   Kejelasan dalam menjelaskan bahan belajar





c.    Kejelasan dalam memberikan contoh





d.   Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar





e.    Bahan belajar sesuai dengan tema





4
Kegiatan Belajar Mengajar (Proses Pembelajaran)
a. Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan





b. Penyajian bahan belajar sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan





c. Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa.





d. Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan (pembukaan 30” inti 60” istirahat 30” penutup 30”)





e. Menyediakan sudut pengaman/belajar bagi siswa yang cepat menyelesaiakan tugas





5
Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran

a.    Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media






b.   Ketepatan/kesesuaian penggunaan media dengan materi yang disampaikan





c.   Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran






d.   Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran





6
Evaluasi Pembelajaran
a.  Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan





b. Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian





c. Penilaian yang diberikan sesuai dengan RKH





7
Kemampuan Menutup Kegiatan Pembelajaran:

a. Meninjau kembali materi yang telah diberikan





b. Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan





c. Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran





8
Tindak Lanjut

a.          Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan dipelajari besuk






b.      Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar







KESIMPULAN PENILAIAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

SARAN YANG DIBERIKAN

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                                                Tunggulpayung,.................................2015
Pengelola Paud Qu




              Tuti Alawiyah, S.Pd.I




LEMBAR PENILAIAN
TENAGA KEPENDIDIKAN

DIMENSI PRESTASI KERJA
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
1.
Kesungguhan dalam melaksanakan tugas pokok rutin





2.
Kesungguhan dalam melaksanakan tugas khusus atau tugas tambahan





3.
Kemampuan dalam melaksanakan tugas dengan hasil kerja yang jauh melebihi dari hasil kerja rata-rata yang ditentukan, baik dalam arti mutu maupun jumlah





4.
Kemampuan dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam melaksanakan tugas untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal (efektif dan efisien)






DIMENSI KETAATAN DAN KEDISIPLINAN
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
5.
Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku





6.
Ketaatan dalam menjalankan perintah kedinasan





7.
Memanfaatkan barang-barang milik Paud Qu secara bertanggung jawab





8.
Ketaatan dalam menjalankan perintah dari atasan





9.
Ketaatan dalam mengikuti aktivitas kedinasan (upacara)





10.
Kedisiplinan dalam mematuhi ketentuan jam kerja





11.
Kedisiplinan dalam menghadiri rapat













DIMENSI KEJUJURAN
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
22.
Kesesuaian antara ucapan dengan perbuatan





23.
Kemampuan menggunakan wewenang sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)





24.
Kejujuran dalam melaporkan hasil kerja kepada atasan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.






DIMENSI TANGGUNG JAWAB
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
25.
Kemampuan menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan





26.
Kemampuan dalam menjalankan tugas yang diinstruksikan pimpinan





27.
Tanggung jawab terhadap kepentingan dinas






KESIMPULAN PENILAIAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

SARAN YANG DIBERIKAN

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tunggulpayung,.................................2015
    Pengelola Paud Qu




                 Tuti Alawiyah, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar